
1.
Apa
Peranan Manusia di Dalam IMK ?
Manusia
sebagai subyek sekaligus obyek dalam interaksi manusia dan komputer. Manusia
dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi. Sehingga manusia selalu
berinteraksi dengan komputer, karena komputer memainkan peranan yang penting
dalam mengubah corak kehidupan manusia masa kini.
Model
sederhana :
-
Informasi diterima dan ditanggapai melalui saluran input output.
-
Informasi diingat dalam ingatan memori.
-
Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara.
Kemampuan
manusia dalam mendesain selalu berbeda dengan yang lainnya.
Saluran
input dan output manusia :
Ø saluran
viasual (visual channel)
-
visual perception : penglihatan
-
perceiving brightness : pencahayaan
-
perceiving colour : warna
-
kemampuan dan keterbatasan dari “visual processing”
-
membaca 250 kata/menit, character 9-12 point.
Ø saluran
pendengaran (auditory channel)
Ø saluran
peraba (haptic channel)
pergerakan
(movement) : kepala dan mata, terdapat 2 cara perekaman pada mata dan kepala
untuk dikonversikan ke dalam input data, yaitu :
-
metode pertama :
electrophysiological
: perekaman dilakukan dengan pergerakan yang dilakukan oleh otot-otot yang
mengontrol mata.
-
Metode kedua :
Menggunakan
metode photoelectric reflection untuk merekam gerakan dalam refleksi cahaya
dari mata.
Seseorang
akan berinteraksi dengan dunia luar/lingkungan dapat terjadi melalui informasi
yang diterima dan dikirim.
Unsur
interaksi manusia dan komputer terdiri dari :
-
manusia : manusia menerima dan memproses perintah kedalam komputer. Pengguna
secara individu atau sekelompok dimana masing-masing berhubungan dengan bagian
dari suatu pekerjaan atau proses.
-
komputer : teknologi komputer yang digunakan untuk menerima,
memproses, dan menghasilkan output yang telah diproses.
-
interaksi di antara kedua elemen di atas.
Pengaruh
akibat Interaksi Manusia dan Komputer dalam masa sekarang ini dapat dipandang
dari dua sudut, yaitu Sudut Kemanusiaan dan Sudut sosial.
-
human-manusia :
a.
pengguna/user
b.
salah satu yang membuat rancangan sistem komputer itu ada.
c.
pengguna yang seharusnya menjadi prioritas yang utama.
d.
barainware : orang yang menggunakan.
2.
Bidang
Ilmu Apa Saja yang Mempengaruhi IMK ?
Ø Di Bidang Ergonomik
Merupakan suatu
bidang studi yang menangani perancangan kegiatan dan tugas yang cocok dengan
kapabilitas manusia dan limitnya serta faktor kenyamanan kerja seperti kenyamanan dari segi
anatomi, psikologi, manajemen, tata letak ruang dan peralatan yang mudah
dijangkau bagi manusia dalam melaksanakan aktifitasnya.
Keuntungan Penerapan Ergonomik
1. Produktifitas
meningkat
- Aktifitas lebih baik karena adanya faktor kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan.
- hasil kerja lebih baik karena sistem yang diopersikan lebih familiar
- Efisiensi dan efektif dalam pengoperasian sistem.
- Sistem yang familiar dapat meningkatkan pengembangan organisasi
Contoh Penerapan : Misalnya Panas yang
berlebihan dari suhu komputer, untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan
tata ruang yang dapat meredam dan menstabilkan cahaya dan suhu ruangan yang
nyaman untuk menjaga keawetan peralatan.
Ø Di Bidang Sosiologi
Sosiologi adalah suatu ilmu yang
mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak,
berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut
memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu. Berdasarkan pengertian
sosiologi tsb, interaksi manusia dan komputer mempunyai hubungan dari segi
sebab akibat yang dihasilkan dari interaksi manusia dan komputer. Interaksi
manusia dan komputer mempunyai dampak positif dan negatif.
Dampak tersebut dipengaruhi oleh
beberapa faktor :
1. Intenstitas dan lamanya manusia
berada di depan komputer.
2. Banyaknya aktivitas yang
digantikan oleh komputer.Faktor ini berdampak pada
manusia itu sendiri. proses komputerisasi akan lebih efektif Pengaruh Postif Interaksi
manusia dengan computer
3. Membantu pekerjaan manusia dalam
kehidupan sehari hari, seperti peralatan rumah
tangga yang semakin mudah dan cepat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang
ada diinternet sehingga update berita lebih
cepat.
Contoh dampak negatif akibat adanya
interaksi manusia dari kajian sosiologi :
1.PHK
pada tiap perusahaan karena adanya otomatisasi kantor
2.Anti
sosial karena interaksi antar individu kurang.
3.Berkurangnya
etika dan kesopanan akibat pemanfaatan komputer yang salah
4.Manusia
menjadi malas untuk bekerja secara manual karena ada teknologi canggih.
5.Banyaknya
Pengangguran
6.Ketergantungan
manusia dan komputer.
Ø Di Bidang Ilmu Komputer
Merupakan aspek yang berhubungan
dengan hardware dan software yang dapat memberikan kenyamanan terhadap
pengguna. Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain
sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya dari
sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik
Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat
lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik
elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem
interaksi mausia-komputer.
Keuntungan Penerapan Ilmu Komputer
1. Sistem yang dibuat akan berjalan
dengan baik
2. Aplikasi antarmuka user friendly
(sangat mudah digunakan)
Ø Di Bidang Bisnis
Merupakan aspek yang berhubungan
dengan bisnis, dengan adanya Interaksi Manusia dengan komputer di bidang bisnis
kini kita tidak perlu lagi melakukan transaksi secara manual yang
berbelit-belit, karena dijaman modernisasi ini semua transaksi bisa dilakukan
secara online, yang memudahkan kita dalam melakukan transaksi.
Keuntungan penerapan IMK Bisnis
1. Memudahkan kita dalam melakukan
transaksi
Ø
Desain grafis
Desain grafis dalam pandangan Ilmu
Komunikasi adalah metode menyampaikan pesan visual berwujud teks dan gambar
dari komunikator kepada komunikan. Dalam mendesain surat kabar misalnya,
desainer grafis memerlukan pengetahuan tentang kebisaaan sang pembaca media
agar dengan mudah mendesain tata letak dan visual yang cocok. Ini dengan motif
agar pesan yang hendak disampaikan oleh media tersebut diterima dan sampai pada
pembaca.
Prinsip- Prinsip Desain :
Prinsip-prinsip desain membantu
menentukan bagaimana menggunakan elemen desain. Ada empat prinsip desain:
keseimbangan, penekanan, irama, dan kesatuan. Prinsip-prinsip desain membantu
anda untuk menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik.
Keseimbangan setiap elemen pada susunan visual berat yang
telah ditentukan oleh ukurannya, kegelapan atau keringanan, dan ketebalan dari
baris. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan. Yang pertama adalah
keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen agar merata ke kiri
dan ke kanan dari pusat. Yang kedua adalah keseimbangan asimetris yang
merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap sisi
halaman. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan tekstur dapat digunakan sebagai
unsur balancing.
3. Apa dampak positif dan negatif IMK ?
Ø Pengaruh Interaksi Manusia
komputer
Pengaruh
Positif :
v Membantu pekerjaan
manusia dalam kehidupan sehari hari, seperti peralatan rumah tangga yang
semakin mudah dan cepat.
v Kemudahan memperoleh
informasi yang ada di internet sehingga update berita lebih cepat
Pengaruh
Negatif :
v PHK pada tiap
perusahaan karena adanya otomatisasi kantor
v Anti sosial karena
interaksi antar individu kurang.
v Berkurangnya etika dan
kesopanan akibat pemanfaatan komputer yang salah.
Ø Dalam bidang Informasi
dan Komunikasi
Dampak
Positif :



Dampak
Negatif :





Ø Dalam Bidang Ekonomi
dan Industri
Dampak
Positif :




Dampak
Negatif :


Ø Dalam Bidang Sosial
dan Budaya
Dampak
Positif :



Dampak
Negatif :


Ø Dalam Bidang
Pendidikan
Dampak
Positif :


Dampak
Negatif :



Ø Dalam Bidang Politik
Dampak
Positif :
·
Timbulnya
kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan
mendorong munculnya kelas menengah baru.
·
Proses
regenerasi kepemimpinan.
Dampak
Negatif :
·
Sering
terjadi kasus saling menghujat antar golongan
·
Mudahnya
penyalahgunaan Media Sosial untuk kepentingan politik
DAFTAR PUSTAKA
ChronikaPos.(2009).interaksi-manusia-dan-komputer.Tersedia: http://chronika.wordpress.com/2009/10/07/interaksi-manusia-dan-komputer/,22 februari 2013
rangga-dwid
Pos.(2011). interaksi-manusia-dan-komputer. Tersedia : http://rangga-dwid.blogspot.com/2011/12/interaksi-manusia-dan-komputer-di.html,
20 februari 2013
HendraDeniAfriliya
Pos.(2012). presentasi-dampak-positif-dan-negatif-imk. Tersedia :
http://www.slideshare.net/HendraDeniAfriliya/presentasi-dampak-positif-dan-negatif-imk,
20 februari 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar